Kandungan Bakteri E-Coli Ditemukan di Intake Anggoeya, Pemkot Kendari Tugaskan Manajemen PDAM Lakukan Uji Laboratorium

737
Penjabat Wali Kota Kendari saat memberikan keterangan kepada awak media terkait temuan bakteri E-Coli oleh BPK Perwakilan Sultra, Selasa, 24 Januari 2023.

Penulis: La Ato

KENDARI, BONDO.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkap adanya temuan bakteri Escherichia Coli (E-Coli) pada sumber air baku milik PDAM Tirta Anoa Kendari di Intake Anggoeya.

Temuan tersebut disampaikan saat penyerahan laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Kamis, 19 Januari 2023.

Intake Anggoeya sendiri khusus mengaliri rumah-rumah masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Poasia dan Kecamatan Kambu.

Menanggapi hal tersebut, Pemkot Kendari telah menugaskan kepada manajemen PDAM Tirta Anoa untuk melakukan uji laboratorium sebagai bahan pembanding atas temuan BPK.

“Yang internal pemerintah kota ada dinas kesehatan. Kita juga mencari laboratorium independen, sehingga dengan tiga uji itu bisa menjadi pembanding,” kata Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Selasa, 24 Januari 2023.

Ia beranggapan, kemungkinan sampel yang diambil oleh BPK ada yang kurang pas, sehingga pemerintah kota akan melakukan pengujian terhadap sampel yang diambil langsung dari sumber mata airnya.

“Mudah-mudahan hasilnya seperti apa, tentu akan ada langkah tindak lanjut dari itu,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, pemerintah kota bakal melakukan penataan pegawai di PDAM Tirta Anoa Kendari, sebab menurut temuan BPK, rasio pegawai dan jumlah pekerjaan atau beban kerja di PDAM Tirta Anoa Kendari tidak berimbang.

“Lebih besar jumlah pegawai ketimbang beban pekerjaannya, sehingga ini kita harus rasionalkan,” ucapnya.

“Tentu akan ada penataan, tetapi sekali lagi, secara objektif akan saya lakukan itu,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here