Sebagai KSPN, Wakatobi Dapat Dana 37 M APBN Untuk Pembangunan SPAM

898
Ketgam : Bupati Wakatobi, Haliana (kiri) didampingi Kepala Dinas PUPR, Kamaruddin. Foto : Asrul Hamdi

Penulis : Asrul Hamdi

WAKATOBI, BONDO.ID – Menyandang status Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kucuran dana 37 Miliar untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari pemerintah pusat.

Hal itu diungkapkan Bupati Wakatobi, Haliana dihadapan sejumlah awak media beberapa waktu lalu. Haliana memerangkan jika SPAM tersebut rencananya akan dibangun di dua lokasi.

“Tahun ini teralokasi dari APBN sekitar 37 miliar untuk pembangunan didua lokasi, pulau Wangi-wangi di Liya Togo dan di Tomia,” ungkap Haliana, Rabu 9 Maret 2022.

Lanjutnya, untuk pulau Kaledupa dan Binongko pemerintah daerah kabupaten Wakatobi telah mengusulkan agar dapat terealisasi sebagai penunjang ketersediaan air di wilayah KSPN Wakatobi.

“Tahun ini kita sudah dapat dua titik yang akan ditempatkan di Liya Togo dan Tomia, insya allah tahun depan Kaledupa dan Binongko. Kita sudah usulkan,” beber Haliana

Lebih lanjut Haliana membeberkan jika pemda bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) dan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meninjau lokasi untuk memastikan ketersediaan lahan dan mengkaji progres pbangunannya.

“Kita sudah lakukan peninjauan lahan bersama BPPW Sultra dan Kementerian PUPR. Kita juga mengundang berbagai lapisan masyarakat baik dari berbagai tokoh masyarakat maupun pemilik lahan. Sehingga progres bisa berjalan termasuk kajian lingkungan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here