Deklarasi Tamalaki Pobende Wonua Sulawesi Tenggara Sukses Dilaksanakan

807

Reporter : RaflyRLT

SAMPARA—Deklarasi Tamalaki Pobende Wonua telah terlaksana dengan khidmat pada Minggu 21 Agustus 2022. Kegiatan itu berlansung di Lapangan Sepak Bola Haribau di Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe.

Ahmad Baso selaku Ketua Umum Tamalaki Pobende Wonua mengatakan mari bersama-sama menjaga Marwah Adat suku Tolaki di bumi anoa ini.

“Alhamdulillah hari ini kita telah melaksanakan deklarasi Pobende Wonua Sultra dengan lancar dan khidmat, mari bersama-sama kita saling menjaga tali persaudaraan dan Marwah ada suku tolaki ” katanya Minggu, 21 Agustus 2022.

Perlu di ketahui Tamalaki Pobende Wonua ini di bentuk untuk menciptakan wadah bagi insan masyarakat khususnya yang bersuku Tolaki agar lebih mengenal budaya dan adat istiadat tolaki.

Hal itu di pertegas oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Adat Tolaki, Bisman Saranani.

“Bahwa Tamalaki Pobende Wonua Sulawesi Tenggara semoga menjadi wadah bagi masyarakat terkhususnya masyarakat tolaki di bumi anoa ini ” tegasnya.

“Untuk anak-anakku mari saling menjaga satu sama lain dan pererat tali persaudaraan antar sesama suku tolaki,” sambungnya.

Adapun tema deklarasi merajut nilai – nilai khebinneka tunggalikaan melalui medulu ronga mepokoaso di bumi anoa Sulawesi tenggara

Deklarasi ini di hadiri oleh Sekjen DPP LAT Bisman Saranani, Ketua HIPTI Sultra Rusmin Abdul Gani, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, Camat Sampara Muchsin, serta beberapa ormas budaya tolaki lainnya.

Acara ini pun menampil beberapa tarian khas suku tolaki seperti Tarian Mondotambe dan Tarian Alu – Alu serta tidak lupa juga penampilan alunan musik Gambus dan atraksi budaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here