Tingkatkan Pengawasan, Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi Bersama TIMPORA Lakukan Operasi Gabungan

72
Personil Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi bersama Tim Pengawasan Orang Asing Usai Lakukan Operasi Pengawasan. Foto/Istimewa

Penulis : Asrul Hamdi

WAKATOBI—Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap orang asing, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi bersama Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tahun 2022 lakukan operasi gabungan di Pulau Tomia Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Jum’at (23/9/2022)

Tim Pengawasan Orang Asing yang terdiri dari Camat Tomia dan Tomia Timur, Danramil 1314-08 Tomia, Kapolsek Tomia dan Tomia Timur dan Kepala Seksi Pengelolaan Balai Taman Nasional (SPTN) Tomia-Binongko menuju PT. Wakatobi Resort di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi.

Pada pembekalan dan persiapan operasi gabungan yang terdiri dari Camat Tomia dan Tomia Timur, Danramil 1314-08 Tomia, Kapolsek Tomia dan Tomia Timur dan Kepala Seksi Pengelolaan Balai Taman Nasional (SPTN) Tomia-Binongko menuju PT. Wakatobi Resort di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi, Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kasubsi TI dan Inteldakim), Andika Triyuana memberikan briefing kepada TIMPORA serta pengarahan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi, Budi Darmawan.

“Pada giat hari ini, kami mengundang bapak-bapak selaku anggota TIMPORA untuk Bersama menuju PT. Wakatobi Resort dimana kita ketahui lokasi tersebut banyak terdapat akitifitas WNA, baik tenaga kerja maupun yang berwisata,” Andika Triyuana

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi, Budi Darmawan mengatakan dalam kegiatan operasi yang dilakukan tersebut yakni pemeriksaan dokumen terhadap sejumlah Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan tenaga kerja tidak ditemukan pelanggaran baik pelanggaran maupun dokumen izin tinggal.

“Bapak-bapak bisa dilihat bahwa PT Wakatobi Resort memiliki tenaga kerja asing, total ada 11 orang warga Negara asing dan semua memiliki izin tinggal yang masih berlaku untuk bekerja sesuai izin keimigrasian,” ucap Budi Darmawan

Budi Darmawan menambahkan jika Tim Pengawasan Orang Asing sangat penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing institusi.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi awal untuk membangkitkan semangat dalam menjaga kedaulatan negara melalui penegakan hukum keimigrasian di Kabupaten Wakatobi sebagai daerah destinasi pariwisata khususnya di Pulau Tomia,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here