Selamat dan Sukses Menjalankan Amanah KADES se-Kabupaten Muna

9047
Budiarto Suselmen, Alumni Lemhannas RI 2022, ex - BEM UHO Kementerian Advokasi dan Pergerakan 2015/2017. Foto/IST

Oleh : Budiarto Suselmen

Pelantikan Kepala Desa di Kabupaten Muna dilaksanakan serentak hari ini, dengan telah melalui proses dan tahapan sebagaimana mestinya. (29/12/2022)

Terdapat satu desa yang belum mengikuti Kegiatan Pelantikan Hari ini, yaitu Desa Parigi. Setelah kemarin, Rabu 28/12/2022 menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang, tak mengurangi hikmat acara yang dilangsungkan hari ini.

Pesta Demokrasi Desa se-kabupaten itu telah usai, kedepan banyak pekerjaan dalam rumah, yang telah menjadi visi-misi dan program Kerja masing-masing Kades terpilih akan segera ditunaikan untuk masyarakat Desa. juga Ketokohan dan Tauladan Kepala Desa, yang tak kalah pentingnya. Menjadi bagian dari semua (penengah) setelah kurang lebih 2 bulan lamanya masyarakat beririsan akibat pemilihan.

Gambaran bahwa Kepala Desa menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa, yakni:
– Memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa
– Mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa
– Memegang kekuasaan pengelolaan Keuangan dan Aset Desa
– Menetapkan Peraturan Desa
– Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
– Membina kehidupan masyarakat Desa
-Membina ketenteraman masyarakat Desa;

Nilai, Norma serta regulasi yang berlaku dan hidup berkembang dimasyarakat dapat menjadi Rujukan bagi semua masyarakat, bagaimana Kepala Desa seharusnya.

Selamat dan Sukses Menjalankan Amanah Kepala Desa Se-kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here