Resmi Dilantik, PPS se-Kota Kendari Diminta Pahami Ketentuan Perundang-Undangan Kepemiluan

710
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PPS se-Kota Kendari, Selasa, 24 Januari 2023.

Penulis: La Ato

KENDARI, BONDO.ID – Seratusan lebih Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Kendari untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 resmi dilantik, Selasa, 24 Januari 2023.

Sebagai penyelenggara Pemilu, PPS yang dilantik ini diminta untuk memahami ketentuan perundang-undangan tentang kepemiluan, sebab Pemilu tidak hanya dimaknai sebagai sesuatu yang prosedural berdasarkan tahapan, tetapi juga terkait dengan substansi.

“Jadi, dengan memahami ketentuan peraturan yang mengatur tentang kepemiluan, saya yakin kita bisa memahami apa yang sedang kita laksanakan,” kata Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat menghadiri pelantikan¬† PPS se-Kota Kendari.

Sebagai ujung tombak penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024, ia berharap, seluruh penyelenggara Pemilu 2024, termasuk PPS dan PPK bisa menjaga integritas, kompetensi, dan memiliki pengetahuan yang memadai terkait kepemiluan.

“Dan yang paling penting adalah netral dalam penyelenggaraan Pemilu, karena di tangan penyelenggaralah kemudian akan memberi warna perjalanan kehidupan bangsa da negara ini untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Pemilu, lanjutnya, ada tiga aspek pelanggaran yang menjadi penekanan kepada penyelenggara, yakni pelanggaran secara administratif, pelanggaran pidana, dan pelanggaran etik.

“Tiga hal ini harus kita hindari bagi seluruh anggota PPS, termasuk PPK yang ada di Kota Kendari, sehingga yang kita harapkan bersama warga negara indonesia adalah hadirnya Pemilu 2024 yang jujur, adil, langsung, umum, bebas rahasia, dan penyelenggara Pemilu yang berintegritas,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here