PTPS se-Kecamatan Sawerigadi Resmi Dilantik, Panwascam Berharap Mereka Bisa Menjalankan Tugas Dengan Baik

365
Suasana pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTSP).

Muna Barat—Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat resmi dilantik pada hari Senin, 22 Januari 2024 bertempat di Sanggar Desa Kampobalano Kecamatan Sawerigadi.

Ketua Panwaslu Kecamatan Sawerigadi Jul Awal mengatakan pihaknya memulai seleksi penerimaan calon PTPS di Kecamatan Sawerigadi pada akhir Desember lalu.

“Alhamdulillah, hari ini Pengawas TPS resmi dilantik. Mereka akan bertugas mengawasi proses tahapan pemilu mulai hari ini, termasuk nantinya pendistribusian C-Pemberitahuan-KPU (Surat Pemberitahuan memilih) kepada pemilih yang terdaftar dalam DPT, kemudian minggu tenang (11-13 Februari), dan proses pungut hitung,” kata Zul sapaan akrabnya.

Ia menambahkan proses pelantikan dilanjutkan dengan bimbingan tekhnis bagi PTPS.

“Ya, selesai pelantikan langsung di bimtek terkait penguatan tugas fungsi dan kewenangan, kemudian penggunaan Aplikasi Siwaslu (Sistem Informasi Pengawasan Pemilu), dan proses penanganan dugaan pelanggaran yang terjadi nantinya,” lanjutnya.

Mantan Ketua Panwascam Sawerigadi 2018-2019 itu mengaku PTPS yang dilantik sebanyak 24 TPS dari 25 TPS yang ada di Kecamatan Sawerigadi.

“Hari ini yang dilantik hanya 24 orang. Karena satu orang itu izin karena lagi berduka. Insya Allah dalam waktu dekat kita akan jadwalkan tersendiri pelantikannya,” tuturnya.

Kecamatan Sawerigadi terdiri dari 25 TPS yang tersebar pada 10 Desa di Kecamatan Sawerigadi.

“PTPS ini akan bertugas pada masing-masing TPS yakni Kampobalano 2 TPS, Lombu Jaya 2 TPS, Waukuni 2 TPS, Waukuni 1 TPS, Maperaha 3 TPS, Nihi 3 TPS, Ondoke 4 TPS, Marobea 3 TPS, Lakalamba 2 TPS, dan Lawada Jaya 3 TPS,” ungkapnya.

Untuk itu ia berharap kepada PTPS yang baru saja dilantik agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Saya yakin mereka adalah yang terbaik. Dan saya percaya mereka bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh negara kepada mereka,” harapnya.

Dalam pelantikan itu turut dihadiri Bawaslu Kabupaten, Camat Sawerigadi, Pihak Polsek Sawerigadi, PPK Kecamatan Sawerigadi, dan Panwas Desa.

Artikulli paraprakBMJ eSports Torehkan Prestasi Perdana di Tur Mobile Legends Ruang Coffee Turnamen di Kendari
Artikulli tjetërPengawas TPS Kusambi Mubar Resmi Dilantik, Ketua Panwascam Sebut Tugas PTPS Adalah Amanah Konstitusi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini