Pj Bupati Dr Bahri Tinjau Langsung Rencana Lahan Pembangunan Pabrik Tepung Tapioka di Desa Kampani

287
Pj Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, S.STP., M.Si didamping beberapa OPD saat tinjau lansung rencana lahan pembangunan pabrik tepung tapioka di Desa Kampani Kecamatan Wadaga, Rabu Sore, (20/9/2022). Foto/Zul

Penulis : Jul Awal

MUBAR—Komitmen Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) dibawah kendali Dr. Bahri dalam mendukung pembangunan pabrik tepung tapioka terus digenjot.

Untuk memastikan kesiapan lahan pembangunan pabrik tepung tapioka yang berbahan baku ubi kayu itu, Bahri tinjau langsung lokasi untuk pembangunan industri tersebut, pada Rabu, (20/09/2022) di Desa Kampani Kecamatan Wadaga.

Bahri menyebut lahan awal yang dibutuhkan perusahaan untuk pembangunan pabrik sekira 5 Hektare dan itu akan terus berkembang jika usaha ini maju dan didukung masyarakat dengan menanam ubi kayu.

“Investor PT. Mubar Agro Sejahtera akan membangun pabrik tepung tapioka dengan nilai investasi pembangunan itu sendiri Rp.36 miliyar,” kata Bahri.

Ia menyebut lokasi pabrik harus dekat dengan kawasan air, jauh dari pemukiman, dan ada akses jalan.

Mantan Kabag Humas STPDN ini akan membuka akses jalan dari Desa Kampani tembus Bampres setelah pabrik tepung tapioka dibangun.

“Kita memilih Kecamatan Wadaga karena dekat dengan tol laut Bau-bau. Kebetulan Kades Kampani siap menghibahkan lahan kepada Pemda Mubar. Nanti yang kelola itu Perumda,” lanjutnya.

Bupati mengatakan status lahan pembangunan pabrik tepung tapioka itu tetap menjadi aset Pemda yang dikelola dengan Perumda.

“Perusahaan ini tidak meminta tanah untuk dimiliki. Mereka sewa kepada Perumda,” sebutnya.

Selain itu, untuk kesiapan lahan pada tahap awal yang diperlukan 1250 Hektare, PJ. Bupati Bahri menyatakan karena semua desa meminta untuk dibagi rata diluar desa yang ada di pulau maka setiap desa mendapatkan 15 hektare.

“Setiap desa 15 hektare. Dan tahap awal ini khusus masyarakat Mubar yang memiliki lahan dan kategori kurang mampu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here