Peringati Hari Pahlawan, Bupati Konawe Berikan Bingkisan Kepada Veteran

672

KONAWE — Dalam rangka memperingati hari Pahlawan Nasional yang ke-77 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe memberikan bingkisan sebagai bentuk penghargaan kepada Veteran dan wanita yang ditinggal mati oleh suaminya anggota TNI atau janda (Warakawuri).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan yang berada di Desa Asao, Kecamatan Tongauna, Kamis (10/11/2022) lalu.

Peringatan hari pahlawan yang ke-77 tersebut bertema ‘Pahlawan tidak menuntut penghargaan kecuali tetap tegaknya negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI)’.

Peringatan hari pahlawan yang dilakukan di Asao.

Dihadapan para Veteran dan Warakawuri, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengucapkan banyak terimakasih karena atas perjuangan mereka, Indonesia dapat menikmati kemerdekaan sampai hari ini.

Selain itu, Bupati dua periode di Konawe tersebut juga menyinggung, setiap hari pahlawan Nasional, memori ingatan masyarakat harus mengingat peristiwa pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah momen paling bersejarah.

Pria yang akrab disapa KSK juga menjelaskan, pertemuan yang mengandung pesan bahwa kemerdekaan yang diraih dan dinikmati saat ini tidak lah datang dengan mudah. Tetapi membutuhkan banyak perjuangan dari pendahulu bahkan pahlawan NKRI rela mengorbankan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

Ketgam: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutan.

Dengan demikian, Bupati Konawe berharap di jiwa masyarakat saat ini dapat menjadi pahlawan dengan terus berinovasi membangun NKRI.

Menurutnya Kery, menjadi pahlawan saat ini bukan hanya mengangkat senjata saja. tapi bisa juga dengan membantu mewujudkan keseimbangan, kesejahteraan, kemajuan, dan keutuhan NKRI.

“Semangat pahlawan harus terus ditumbuhkan dalam hati sanubari segenap anak bangsa,” ungkapnya

Lebih jauh, Kery mengutip perkataan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yakni bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa perjuangan pahlawannya.

Ketgam: OPD dan Forkopimda turut hadir dalam peringatan hari pahlawan yang berlangsung di Desa Asao, Kecamatan Tongauna.

“Kita sebagai warga negara, maka kita harus menghargai jasa para pahlawan. Untuk itu, kami memberikan bingkisan ini untuk para veteran dan warakamuri meskipun nilainya tidak sesuai dengan perjuangan mereka. Namun inilah salah satu bentuk penghargaan kami,” kata Bupati Konawe

Lanjut Bupati, saat ini bangsa Indonesia dihadapkan dengan tantangan dan ancaman yang begitu nyata. Seperti, pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih, serta bencana covid-19.

“Kiranya kita perlu persiapkan dengan sungguh-sungguh. Kita mempunyai semua modal besar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang,” tuturnya.

Kery juga menghimbau masyarakat untuk menjadikan momentum hari pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Konawe.

“Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” Tandasnya.

Perlu diketahui, turut hadir dalam Peringatan Hari Pahlawan tersebut yakni Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi, Pabung Konawe Kodim 1417/Kendari, Letkol Inf. Anton, Kepala Organisasi perangkat daerah (ODP) Kabupaten Konawe.(Red/Admn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here