Langkah Kendalikan Inflasi, Pemkab Mubar Launching Gerakan Penanaman Cabai

914

Penulis : Jul Awal

MUNA BARAT—Guna mengendalikan inflasi di daerah, Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) bersama Tim penggerak PKK melaunching gerakan penanaman cabai.

Selain itu juga memberikan bantuan berbagai alat pertanian kepada para petani.

Dalam kegiatan itu dihadiri langsung oleh PJ Bupati Muna Barat Dr Bahri, Sekretaris Daerah LM. Husein Tali, Dandim Muna, Kapolres Muna, Para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan masyarakat dari berbagai desa yang berlangsung di Desa Sidamangura Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat, Selasa, (22/11/2022).

PJ. Bupati Muna Barat, Dr. Bahri mengatakan gerakan penanaman cabai sebagai bagian dari aksi nyata untuk mengendalikan tingkat inflasi daerah yang akan memiliki dampak serta manfaat besar bagi daerah dan masyarakat Mubar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan pangan bergejolak serta inflasi daerah,” ungkap Bahri dalam sambutannya.

Menurutnya , gerakan menanam cabai sebagai tindak lanjut dari surat edaran no. 520/2439 tahun 2022, sekaligus menjadi kontribusi besar bagi semua dalam membangun ekonomi masyarakat dalam menjamin ketersediaan pangan jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

“Launching hari ini sekaligus menandai di mulainya program tanam cabai, dan pemanfaatan pekarangan oleh masyarakat dan kelompok tani yang ada di muna barat” lanjutnya.

Untuk itu, Direktur perencanaan keuangan daerah Kemendagri ini mengingatkan pentingnya sebuah gerakan untuk memberi sebuah perhatian dan keseriusan terhadap pengembangan komoditas cabai khususnya di Kabupaten Muna Barat.

“Kami berharap mari kita bergotong royong menghadapi masalah inflasi ini agar nantinya penurunan harga bisa terealisasi dan terkendali” ujar jebolan STPDN angkatan 07 ini.

Untik diketahui, bantuan alat pertanian tersebut berupa 10 unit cultivator, 3 unit hand traktor, 3 unit jonder, 60 hand sprayer, Pupuk Biotani plus untuk tanaman jagung sebanyak 3000 liter untuk 3000 jam, pupuk biota plus untuk tanaman padi sawah sebanyak 200 liter untuk 100 ha, 7 unit alat pakan ternak, 1 unit kulkas daging, 3 unit pengupas kulit jagung, 5 unit alat perontok padi/kedelai, 6000 hektar jagung varietas NASA 29, Benih Kedelai varietas Anjasmoro untuk 2000 hektar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here