HUT Konawe ke-62, Bupati Kery Pamer Keberhasilan Pimpin Konawe

328
Ketgam : Suasana perayaan HUT Konawe ke-62. Foto : IST

Penulis : Juan

KONAWE, BONDO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe yang ke-62 tahun 2022 pada, Rabu (2/3/2022). Pelaksanaan kegiatan HUT Konawe berlansung di pelataran Kantor Bupati Konawe.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh adat, tokoh agama, Camat, dan seluruh Lurah/Desa se Kabupaten Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan, Masyarakat telah melihat bagaimana perkembangan dan pertumbuhan daerah dari masa ke masa hingga saat ini, yang dimana setiap periode telah disaksikan bersama berbagai torehan dan pencapaian yang telah di dapatkan.

Ketgam : Suasana perayaan HUT Konawe ke-62. Foto : IST

“Para pemimpin daerah ini dengan berbagai dinamika dimasanya telah berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat kabupaten konawe. Sebagai generasi penerus kita patut memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka. Tugas kita saat ini memastikan agar masyarakat Kabupaten Konawe dapat mencapai kesejahteraan, kemandirian dan daya saing yang kuat,” katanya.

Lanjut dikatakannya, kita tentunya bangga karna pada saat ini kita telah menunjukan kinerja – kerja yang sangat baik dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini.

“Hal ini dapat kita lihat dari pencapaian-pencapaian makro pembangunan daerah yang menunjukan Kabupaten Konawe dalam empat hingga lima tahun terakhir menjadi yang terbaik di Provinsi Sulawesi Tenggara. Inilah yang kita inginkan agar konawe senantiasa menjadi yang ter “the best” di Sultra,” kata Kery.

Ketgam : Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat suasana perayaan HUT Konawe ke-62. Foto : IST

Ia juga menjelaskan, kemajuan dan ketahanan ekonomi di Konawe dapat di lihat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang senantiasa bergerak positif bahkan meskipun pada masa pandemi covid-19, dimana daerah-daerah lainnya di Sultra mengalami perlambatan pertumbuhan hingga level mines, namun Konawe masih tetap tumbuh positif.

“Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi kita mencapai 10,7yo, tahun 2019 meningkat menjadi 11,84yo, tahun 2020 dimasa pandemi tumbuh positif 6,426 dan pada tahun 2021 naik menjadi 6,51yo,” ungkap Bupati.

Lebih jauh Kery menjelaskan, pencapaian pertumbuhan ini jauh di atas rata-rata pertumbuhan kabupaten/kota lainnya di sultra. Implikasi dari pertumbuhan ekonomi Konawe senantiasa positif dan telah memberikan dampak pada peningkatan pendapatan per kapita masyarakat dimana pada tahun 2017 pendapatan per kapitan masyarakat Konawe baru mencapai Rp 22.265.000 perkapita per tahun atau Rp 1.855.000 per kapita per bulan dan naik signifikan menjadi Rp 30.073.816 per kapita pertahun atau Rp 2.506.000 perkapita per bulan.

Ketgam : Suasana perayaan HUT Konawe ke-62. Foto : IST

“Khusus untuk capaian investasi daerah pada tahun 2021 kita mencatatkan prestasi yang sangat membanggakan dimana Kabupaten Konawe menempati urutan ketujuh nasional realisasi investasi tertinggi yakni sebesar 20 triliun, meninggalkan jauh daerah lainnya di Sultra,” tuturnya.

Bupati yang akrab disapa KSK juga menerangkan, pada tahun 2022 rencana investasi besar juga akan masuk di Kecamatan Routa sebesar 58 triliun. Hal demikian tentunya semakin memperkokoh ketahanan perekonomian di Konawe dan akan membawa manfaat besar bagi Provinsi Sultra bahkan Indonesia.

“Pondasi kuat telah kita letakan, kita mampu mendorong kemandirian daerah melalui sektor pertanian tanaman pangan, peternakan, dan perikanan. Kita juga telah mampu membawa daerah ini menuju level maju yang berdaya saing dengan bertumpu pada sektor industri/manufaktur,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, yang menjadi tantangan ke depan adalah meningkatkan level pelayanan publik yang berorientasi pada digitalisasi berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan agar Kabupaten Konawe tidak saja menjadi daerah yang maju namun juga menjadi daerah yang modern sesuai dengan tuntutan perkembangan globalisasi dunia.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kepada kita semua untuk ikut berpartisipasi aktif dalam konteks pembangunan di Kabupaten Konawe, dan saya berharap Kabupaten Konawe ke depan semakin mengukuhkan peran strategisnya dalam rangka menyongsong Konawe Gemilang dan Sultra Gemilang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here