BPD Kampobalano Mubar Selenggarakan Rapat Musyawarah Tentang BLT DD 2024

198
Suasana Musyawarah Rapat BLT 2024

Mubar, Akhir Januari 2024, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kampobalano Kecamatan Sawerigadi menyelenggarakan rapat pembahasan dan penetapan daftar penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024.

Rapat musyawarah yang dilakukan bersama Pemerintah Desa dan masyarakat itu dihadiri oleh pendamping lokal desa, pendamping tekhnis kecamatan, dan aparat keamanan, dilaksanakan di Sanggar Desa Kampobalano Kecamatan Sawerigadi, Selasa, 30 Januari 2024.

Ketua BPD Desa Kampobalano La Rama dalam sambutannya mengatakan sesuai aturan Permendes terbaru, desa masih diwajibkan mengalokasikan BLT tahun 2024 maksimal 25 persen dari DD.

“Tahun 2023, dialokasikan sebesar 72 juta dengan jumlah penerima 20 orang. Tahun ini alhamdulillah ada lagi maksimal 25 persen dari DD. Untuk itu, tujuan dari rapat musyawarah kita hari ini untuk menyepakati siapa-siapa yang layak dapat apakah kuota 2023 kita kurangi atau kita tambah atau tetap,” kata La Rama.

Ia menjelaskan beberapa persyaratan sebagai penerima BLT tahun 2024 yakni kehilangan mata pencaharian, anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit menahun, tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah, lansia, dan kepala keluarga perempuan yang masuk kategori ekstrim.

“Jadi itu syaratnya. Kita undang masyarakat ini sebagai bentuk transparansi penggunaan anggaran penggunaan DD,” lanjutnya.

Sementara itu, Kades Kampobalano Laode Baena menyebut penerima BLT 2023 berkurang dua orang saat ini karena sudah meninggal dunia.

“Jadi penerima BLT 2023 saat ini sisa 18 orang. Apakah kita tambah atau dikurangi sesuai kesepakatan kita bersama. Ini kita bahas bersama sebagai bentuk tanggung jawab transparansi penggunaan anggaran kepada masyarakat,” ungkap Baena dalam sambutannya.

Menurutnya, untuk anggaran DD Desa Kampobalano sekira 689 juta untuk tahun 2024 ini.

“Jadi untuk kuota BLT tidak bisa lewat 25 persen. Sebentar kita sepakati apakah tetap 18 orang itu atau kita tambah,” lanjutnya.

Sesuai pantauan media BONDO.ID, forum musyawarah menyepakati ditambah dua orang untuk penerima BLT tahun 2024 sehingga total menjadi 20 orang. Sama halnya dengan jumlah penerima pada 2023.

Reporter: LM. Faisal Akbar

Artikulli paraprakProfil Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, Keluarga Serta Karier Politiknya
Artikulli tjetërPerjalanan Politik Rusdianto Wakil Ketua DPRD Konawe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini