Berikan Reward Sertifikat Pada Sekolah, Bahri Sebut PJAS Aman Prioritas Nasional

205

Penulis : Jul Awal

MUNA BARAT—Balai POM Provinsi Sulawesi Tenggara menyerahkan sertifikat pangan dan jajan anak usia sekolah (PJAS) kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang berkomitmen pada program keamanan pangan PJAS Aman.

Sertifikat itu diberikan langsung oleh PJ. Bupati Muna Barat, Dr. Bahri saat apel gabungan lingkup Pemkab Mubar, Senin, (21/11/2022).

Bahri mengatakan sertifikat ini sebagai bentuk reward kepada sekolah yang telah berkomitmen melaksanakan program keamanan pangan PJAS di Mubar.

Suasana penyerahan sertifikat reward bagi sekolah

“Saya berharap dengan seperti ini dapat merangsang sekolah-sekolah lainnya untuk dapat berkomitmen melaksanakan hak serupa disekolah masing-masing,” kata Bahri.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu menjelaskan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap saat, hak untuk memperoleh pangan yang aman dan bergizi sama tingkatannya dengan hak untuk bebas dari kelaparan.

“PJAS pada sekolah-sekolah merupakan program prioritas nasional sebagai penjaminan terhadap konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi bagi komunitas sekolah terutama siswa yang harus menjadi prioritas,” lanjut Bupati.

Menurutnya, keamanan pangan sangat diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis kimia dan benda lain yang dapat mengganggu dan merugikan serta membahayakan bagi kesehatan manusia sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Ada 3 pemeran utama dalam persoalan PJAS Aman di sekolah yang harus terus mendapatkan edukasi yakni peran orang tua, peran pengelola kantin, dan peran guru. Jika tiga pemeran itu berkomitmen melaksanakan keamanan pangan PJAS maka saya yakin anak sekolah akan memperoleh konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi,” jelas mantan Kabag Umum STPDN ini.

“Jika 3 pemeran utama berjalan dengan baik maka saya yakin PJAS Aman bagi anak sekolah dapat terwujud sehingga akan tercipta SDM-SDM yang unggul di masa yang akan datang,” pungkas alumni STPDN angkatan 07 itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here